Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Membuat Pemesanan Penjualan

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Setelah memperoleh pesanan (Purchase Order) dari pelanggan, maka pada umumnya perusahaan akan mendokumentasikan pesanan penjualan tersebut dalam pencatatan akuntansi perusahaan.

Pembuatan pemesanan penjualan dapat dilakukan dengan mengikuti langkah berikut.

  1. Klik menu “Penjualan”.
  2. Klik pada tombol “Buat penjualan baru” lalu pilih Pemesanan Penjualan.
  3. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman formulir pemesanan penjualan. Lengkapi seluruh informasi yang diperlukan pada formulir tersebut seperti contoh berikut ini.
  4. Setelah selesai, klik "Buat" untuk langsung menyimpan formulir pemesanan penjualan.
  5. Atau klik ikon "panah ke bawah”, jika anda ingin langsung mengirim ke email dan Whatsapp.
  6. Demikian formulir pemesanan penjualan yang terbentuk.
  7. Pemesanan penjualan yang Anda buat, telah terdaftar pada menu Penjualan dalam tab Pesanan Penjualan, sebagai berikut.
  8. Selain membuat pemesanan baru, Anda juga dapat membuat pemesanan penjualan berdasarkan penawaran penjualan yang telah Anda berikan sebelumnya kepada pelanggan tersebut. Lihat petunjuk Buat Pemesanan dari Penawaran Penjualan.
  9. Pengguna yang diberikan akses “Butuh Persetujuan Untuk Transaksi Penjualan” hanya akan dapat membuat draft transaksi terkait dengan penjualan pada Jurnal. 

    Apabila Anda tidak memiliki akses untuk membuat transaksi, maka setiap transaksi akan terbentuk sebagai draft dan akan masuk ke tab membutuhkan persetujuan. Klik link ini untuk menyetujui transaksi draft penjualan.

Rincian informasi:

  • Pelanggan: Pilih pelanggan dari kotak pilihan atau tambah pelanggan baru (wajib diisi).
  • Email: Field ini akan otomatis terisi sesuai dengan pelanggan yang dipilih.
  • Info Pengiriman: Centang jika barang akan dikirim. Kemudian Anda akan mengisi alamat, tanggal, cara, ongkos pengiriman dan nomor pelacakan. Fungsi pengiriman akan muncul setelah diaktifkan melalui menu Settings > tab Penjualan dan centang ‘Pengiriman’. Baca juga Cara Membuat Pengiriman.
  • Alamat Penagihan: Field ini akan terisi secara otomatis setelah pelanggan dipilih.
  • Tgl Transaksi: Pilih tanggal penjualan Anda.
  • Tgl Jatuh Tempo: Field ini akan terisi sesuai dengan syarat pembayaran yang dipilih. Namun, tetap dapat dipilih sesuai keinginan.
  • Syarat Pembayaran: Pilih syarat pembayaran yang Anda inginkan untuk penjualan ini. Syarat pembayaran default yang tersedia oleh sistem adalah Cash on Delivery, Net 15, Net 30 dan Net 60. Syarat pembayaran yang dipilih akan mempengaruhi tanggal jatuh tempo.

    - Pilih syarat pembayaran penjualan default pada menu Settings > Tab Penjualan:
    - Pilih syarat pembayaran penjualan default pada menu Settings > Tab Penjualan
    - Pilih syarat pembayaran standar untuk pelanggan tertentu dari menu Pelanggan.
    - Buat syarat pembayaran baru melalui menu Daftar Lainnya >  Syarat Pembayaran.

  • No Transaksi: Nomor transaksi akan diberikan dan diurutkan secara otomatis oleh sistem, namun dapat diganti sesuai keinginan. Nomor transaksi ini akan memudahkan Anda dalam melacak data transaksi Anda. Lihat cara pengaturannya di sini.
  • No Referensi Pelanggan: Masukkan nomor referensi pelanggan. Contohnya, untuk mencatat nomor pemesanan yang diberikan oleh pelanggan (opsional).
  • Tag: Pilih tag transaksi dari kotak pilihan atau Anda dapat membuat tag baru. Tag ini akan memudahkan Anda untuk membaca laporan transaksi yang dikelompokkan berdasarkan tag. Baca Cara Mengelompokkan Transaksi dengan Tag.
    Atur tag-tag yang ada melalui menu Daftar Lainnya > Tag.
  • Gudang: Pilih dari gudang mana produk yang Anda jual. Anda juga dapat membuat gudang baru untuk mengelompokkan produk-produk yang ada di perusahaan Anda;
  • Harga Termasuk Pajak: Geser tombol ini ke kanan jika harga produk yang Anda jual telah termasuk PPN.
  • Misalkan harga produk Anda adalah Rp 100.000 (sudah termasuk PPN), maka harga satuannya otomatis akan terhitung dengan nilai Rp 90.909,090909 dan nilai pajaknya adalah Rp 9.090,909091.

    - Fitur ini dapat diaktifkan melalui menu Settings > centang Termasuk Pajak
    - Fitur ini tidak akan berfungsi untuk jenis pajak majemuk. Pelajari di sini.
    - Jika pajak yang Anda pilih bersifat memotong, maka harga yg tertera belum dikurangi pajak pemotongan. Pelajari di sini.

  • Produk: Pilih produk yang dijual dari kotak pilihan. Jika belum ada, ketikkan nama produk untuk menambahnya pada daftar produk.

    Anda dapat menambahkan produk baru dengan klik “+Tambah baru”.

    Anda hanya dapat memiliki maksimal 500 baris produk dalam satu transaksi. Untuk menambahkan informasi, Anda juga dapat menggabungkan faktur melalui Join Sales Invoice/Join Purchase invoice.

    Kemudian isikan komponen di bawah ini.

    Klik di sini, untuk mempelajari cara pengisian produk baru.

  • Deskripsi: Deskripsi akan ditampilkan secara otomatis jika Anda memilih produk dari kotak pilihan. Anda dapat menggantinya jika diperlukan.
  • Kuantitas: Masukkan jumlah produk yang dijual.
  • Satuan: Akan muncul secara otomatis sesuai dengan produk yang dipilih.
  • Harga Satuan: Harga satuan akan ditampilkan sesuai dengan produk yang Anda pilih atau Anda juga dapat mengisinya sesuai kebutuhan.
  • Kolom Diskon: Masukkan diskon produk bila produk yang Anda jual akan didiskon.
  • Jumlah: Field ini adalah jumlah perkalian dari kuantitas, harga satuan dan diskon dan akan dijumlah secara otomatis.
  • Pajak: Pilih pajak yang akan dikenakan untuk setiap produk. Jika belum ada, Anda bisa klik +Add New untuk menambah daftar pajak yang baru. Pajak bisa bersifat sebagai pemotong atau penambah nominal transaksi dengan mengaturnya pada Daftar Lainnya > Pajak.
  • Pesan: Masukkan keterangan tambahan mengenai transaksi penjualan yang Anda catat. Pesan ini akan tercetak pada faktur penjualan Anda.
  • Memo: Masukkan keterangan tambahan mengenai transaksi penjualan yang akan ditampilkan pada laporan penjualan Anda (tidak tercetak pada invoice).
  • Lampiran: Klik +Tambah Berkas jika ada berkas yang akan dilampirkan.
  • Diskon: Anda dapat memilih untuk memasukkan nilai atau persentase diskon. Anda juga dapat memasukkan diskon majemuk/gabungan (multi discount). Contoh, pilih % dan ketikkan 50+20 pada field diskon. Persentase diskon yang muncul adalah persentase diskon majemuk yaitu, 60%. Field ini akan muncul jika sudah diaktifkan melalui menu Setting > Tab Produk dan mencentang Diskon.   
    mceclip7.png                                                                                                     
  • Diskon Per Baris: Masukkan persentase atau nilai diskon yang diberikan. Field ini akan muncul setelah diaktifkan melalui menu Settings> tab Penjualan (jika ada).
  • Pemotongan: Klik “Masukkan Jumlah Pemotongan”. Kemudian, pilih akun yang menampung pajak pemotongan, contoh: akun PPh 21-Aset Tetap. Masukkan persentase pemotongan pajak.

    - Pemotongan ganda hanya berlaku pada tampilan penjualan yang baru.
    - Limit withholding sampai dengan 10 withholding.
    - Jika anda ingin mengubah ke tampilan lama, wajib melakukan pengahapusan dari transaksi yang mengandung multiplewithholding terlebih dahulu.
    - Apabila Anda beralih ke tampilan penjualan yang lama mungking akan berpengaruh pada tampilan perhitungan tetapi kebenaran datahanya akan ditampilkan pada perombakan penjualan.
    - Witholding/Pemotongan hanya berlaku atas DPP saja, sehingga apabila terdapat potongan, potongan tersebut hanya memotong sebesar nominal DPP, tidak memotong pajaknya. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki transaksi sejumlah Rp 80.000 + PPn 11% (8.800) dan pada transaksi tersebut Anda mendapat potongan 100% maka sisa tagihan Anda tidak langsung menjadi 0 tetapi Rp 8.800. 

  • Uang Muka: Masukkan uang yang dibayarkan dimuka (deposit). Uang muka ini akan memotong jumlah yang ditagihkan ke pelanggan Anda. Jika uang muka yang dimasukkan melebihi jumlah tagihan, maka sisanya akan menjadi kredit memo (baca: Guidebook Overpayment).
    Aktifkan fitur ini melalui menu Settings > Tab Penjualan dan Centang Uang Muka.
  • Setelah melengkapi seluruh informasi, simpan data Anda dengan klik “Buat Penjualan” pada bagian kanan bawah halaman.
Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form