Halaman ini sedang dimuat

Ada yang bisa kami bantu?

Temukan artikel sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Melihat Detil Pelanggan yang Dipilih

Article author
Learning
  • Diperbarui

Jurnal memungkinkan Anda untuk dapat melihat rincian Data Pelanggan tertentu dengan klik pada Nama Pelanggan. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat informasi terkait rincian informasi pelanggan dan berbagai macam tindakan yang dapat dilakukan pada halaman ini. 

1. Rincian Informasi

  1. Tipe & Grup Kontak

    Pada bagian ini, Anda dapat melihat Tipe dan Grup Kontak.
    2022-12-27_17_39_0221.jpg
    Lihat penjelasan cara melakukan pengaturan grup di Bagaimana cara Atur Grup Kontak.
  2. Profil Kontak

    Di bagian tab profil, Anda akan melihat informasi profil Pelanggan berupa:

    • Informasi Umum: Bagian ini akan berisi informasi mengenai Nama Kontak, Nama Perusahaan, Email, Handphone, Telepon, Fax, Alamat Pembayaran, Alamat Pengiriman, NPWP Perusahaan, Identitas, Nomor Identitas dan Info Lain.
    • Info Bank: Bagian ini akan berisi informasi mengenai Nama Bank, Kantor Cabang Bank, Pemegang Akun Bank dan Nomor Rekening.
    • Pemetaan Akun: Bagian ini akan berisi informasi mengenai pemetaan akun untuk akun Piutang dan Hutang Usaha serta Syarat Pembayaran Utama.
      Lihat penjelasan setiap field di Bagaimana Cara Menginput Kontak Baru Secara Manual.
  3. Transaksi Kontak

    a. Ringkasan Transaksi

    • Piutang Belum Dibayar: menampilkan total semua penjualan yang belum dibayar oleh pelanggan-pelanggan Anda.
    • Piutang Jatuh Tempo: menampilkan total penjualan yang seharusnya dibayar oleh pelanggan-pelanggan Anda karena sudah masuk ke tanggal jatuh tempo pembayaran
    • Total Pembayaran: menampilkan total pembayaran dari pelanggan.
    • Total Kredit Memo: menampilkan total saldo kredit memo yang dimiliki oleh pelanggan.
      Contact_details123.jpg

      Apabila Kontak Anda memiliki lebih dari satu Tipe Kontak, Anda bisa filter transaksi berdasarkan:

      • Harus Anda Bayar: yaitu jumlah nominal dari seluruh transaksi yang harus Anda bayar meliputi “hutang belum dibayar”“hutang jatuh tempo”, dan “kredit memo” serta informasi “total pembayaran”yang telah Anda lakukan.
      • Akan Anda Terima: yaitu jumlah nominal dari seluruh transaksi yang akan Anda terima meliputi “piutang belum dibayar”,“piutang jatuh tempo”, dan “debit memo” serta informasi “total pembayaran” yang telah Anda terima.
        Contact_details.jpg
        Anda dapat mengklik masing-masing kotak untuk mendapatkan rincian transaksi dari ringkasan tersebut atau Anda dapat mengaktifkan “Tampilkan Ringkasan” di sebelah kanan, sehingga tampilannya akan menjadi seperti berikut.
        Contact_details__2_12.jpg

        Fitur “Tampilkan Ringkasan” ini hanya akan muncul, apabilakontak memiliki lebih dari satu tipe kontak.

        Pada bagian Perhitungan bersih, terdapat perhitungan berapa nominal yang Harus Anda bayar dan berapa nominal yang Akan Anda terima, kemudian sistem juga akan menghitungkan selisih yang harus Anda bayar (bila total Harus Anda Bayar lebih besar) dan selisih yang akan Anda terima (bila total Akan Anda Terima lebih besar).Pada bagian ini, Anda dapat melihat laporan transaksi yang menampilkan semua sejarah transaksi yang berkaitan dengan pelanggan yang dipilih. Anda juga dapat menentukan tindakan yang akan Anda lakukan terhadap transaksi dengan klik tombol pada sebelah kanan baris transaksi.

    B. Sejarah Transaksi

    Pada bagian ini, Anda dapat melihat laporan transaksi yang menampilkan semua sejarah transaksi yang berkaitan dengan pelanggan yang dipilih.

    Anda dapat melihat laporan rekening per setiap pelanggan dengan klik pada “Lihat Laporan Transaksi”. Selain itu Anda juga dapat melihat rincian masing-masing transaksi, dengan klik pada nomor transaksi.

    Contact_details__2_1223.jpgAnda juga dapat menentukan tindakan yang akan Anda lakukan terhadap transaksi dengan klik "Tindakan" pada sebelah kanan baris transaksi.

    Tindakan yang dapat Anda lakukan antara lain.

    • Duplikat Transaksi
    • Terima Pembayaran
    • Retur Penjualan
    • Atur Transaksi Berulang
    • Pratinjau Faktur
    • Pratinjau Surat Jalan
    • Email Faktur

2. Tindakan

  1. Ubah Profil
    Anda dapat mengubah profil kontak dengan klik tombol “Ubah Profil” di sebelah kanan atas layar.
    2022-12-27_17_39_022.jpg
    Lihat penjelasan cara mengubah profil kontak di Bagaimana cara Atur Grup Kontak.
  2. Buat Transaksi

    Pada layar ini, Anda dapat membuat transaksi terkait dengan pelanggan yang Anda pilih dengan klik tombol “Buat Transaksi”.

    Jenis transaksi yang dapat dipilih disini, tergantung pada tipe kontak.

    Transaksi yang dapat dibuat untuk tipe Pelanggan, yaitu:

    • Faktur Penjualan
    • Beban
    • Deposit Uang
    • Kirim Uang
    • Faktur Pemesanan
    • Kredit Memo
    • Debit Memo


    Profile__2_.jpg

  3. Lihat Laporan Rekening
    Pada halaman detil pelanggan tab Transaksi, Anda dapat melihat laporan rekening pelanggan dengan klik link “Laporan Rekening Pelanggan” atau klik ikon "Garis Tiga" dan pilih “Lihat Laporan Rekening”.
    Profile__2_12.jpg
    Tentukan tipe transaksi dan periode yang ingin ditampilkan, kemudian klik tombol “Terapkan".
    Laporan_rekening12.jpg
    Maka, Anda akan melihat contohnya seperti berikut ini.
    2022-12-27_14_41_24.jpg

  4. Gabung Kontak
    Anda dapat menggabungkan beberapa kontak menjadi satu, dengan klik ikon "Garis Tiga" kemudian pilih “Gabungkan Kontak”.
    2022-12-27_17_31_22.jpg

  5. Arsip dan Hapus Kontak

    Anda dapat menghapus dan mengarsip pelanggan dengan klik ikon "Garis Tiga" kemudian pilih “Arsipkan Kontak” untuk mengarsip atau pilih “Hapus Kontak” untuk menghapus.                 2022-12-27_17_34_45.jpg

    Lihat ketentuan dan penjelasan cara mengarsip dan menghapus kontak di Bagaimana Cara Arsip dan Hapus Daftar Kontak.

    ikon "tanda panah kanan"  dan "tanda panah kiri" dapat Anda gunakan untuk melihat informasi Detil Pelanggan lainnya. Urutan yang akan muncul sesuai dengan urutan dibuatnya kontak.

     

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form