Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Membuat Pro Forma Penagihan Penjualan

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Fitur Faktur Pro Forma adalah fitur yang disediakan untuk membantu perusahaan dalam melakukan proses penagihan secara bertahap atau untuk memecah sebuah faktur tagihan penjualan menjadi beberapa faktur pro forma penjualan dan penerimaan pembayaran dapat dilakukan secara cicilan sesuai nominal faktur pro forma. Fitur ini umumnya digunakan untuk praktik bisnis yang melibatkan sistem pembayaran uang muka dan angsuran.

Penting
Fitur ini otomatis tersedia pada paket Enterprise+. Jika Anda pengguna paket Pro atau Enterprise dan tertarik untuk menggunakan fitur ini, terdapat dua opsi yang bisa dipilih:
- Upgrade paket ke Enterprise+ dan nikmati fitur premium lainnya.
- Atau apabila Anda hanya ingin menggunakan fitur ini, Anda dapat berlangganan satuan. Hubungi tim account manager Jurnal untuk informasi lebih lanjut, dengan klik di sini.

Contoh Kasus Penggunaan Fitur Faktur Pro Forma

  • Transaksi penjualan dengan pelanggan sesungguhnya belum terjadi, tetapi perusahaan menagih uang muka atas transaksi tersebut, maka perusahaan dapat menggunakan faktur pro forma untuk menagih kepada pelanggan.
  • Ada kontrak penjualan yang menetapkan bahwa jatuh tempo pelunasannya dibagi secara bertahap hingga pembeli menerima penuh seluruh barang/jasa yang dibeli. Perusahaan dapat menggunakan pro forma untuk memecah sebuah faktur tagihan penjualan menjadi beberapa faktur pro forma yang ditagih secara bertahap.
  • Kontraktor diwajibkan untuk menyelesaikan proyek yang terbagi menjadi beberapa fase dan penagihan kepada pelanggan dilakukan berdasarkan persentase penyelesaian proyek. Penagihan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan faktur pro forma selama proyek belum diselesaikan. Pelanggan akan tetap menerima tagihan untuk nama proyek yang sama, tetapi penagihannya dibagi menjadi beberapa fase sesuai persentase penyelesaian proyek.

Pada panduan kali ini, Anda akan mempelajari membuat Pro Forma invoice, mencatat terima pembayaran Pro Forma, melihat dan mencetak faktur. Berikut adalah penjelasan lebih lanjutnya.

1. Membuat Pro Forma Invoice

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat faktur Pro Forma.

  1. Klik menu “Penjualan”.
  2. Klik “Nomor Invoice” pada tab “Faktur Penjualan”.
  3. Scroll ke bawah lalu klik tombol “Tindakan” dan pilih Buat faktur pro forma.

    - Anda dapat membuat dan melihat Pro Forma apabila Anda diundang sebagai owner/ sales dan diberikan akses ultimate.
    - Jika Anda sebagai akuntan, Anda hanya dapat melihat Pro Forma.

  4. Isikan informasi Pro Forma Invoice seperti gambar di bawah ini.

    - Apabila Anda hanya membuat beberapa produk pada faktur Pro Forma Anda dapat klik icon “-" di samping jumlah harga, untuk menghapus produk tersebut.
    - Pada Pro Forma Anda hanya dapat mengubah kuantitas, harga satuan produk, dan diskon per baris.
    - Pada Pro Forma Invoice tidak terdapat pajak.
    - Anda dapat membuat Pro Forma Invoice untuk sisa tagihan dengan syarat tidak melebihi total faktur.

  5. Dengan demikian form Pro Forma Invoice yang dibuat statusnya akan menjadi open.

    - Faktur Pro Forma tidak dapat dibuat dari formulir pembayaran.
    - Setelah membuat faktur Pro Forma, pengguna tidak lagi dapat menerima pembayaran dari tingkat faktur utama.
    - Pada Pro Forma Invoice, tidak terdapat jurnal entry.

  6. Apabila Anda ingin melihat history Pro Forma Invoice, klik “Nomor Invoice”.

  7. Lalu pada bagian bawah terdapat tab Pro Forma Invoice yang sudah dibuat sebelumnya.

2. Mencatat Terima Pembayaran Pro Forma

Apabila Anda ingin mencatat terima pembayaran dari Pro Forma Invoice, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Masuk ke menu “Penjualan”.
  2. Pilih Nomor Invoice pada tab Faktur Penjualan.

  3. Klik “Nomor Pro Forma” pada tab Pro Forma Invoice di bagian bawah.
  4. Klik “Tindakan”, lalu klik "Terima Pembayaran”.
  5. Isikan informasi penerimaan pembayaran seperti gambar di bawah lalu klik "Buat Penerimaan".

    Pelanggan akan membayar berdasarkan faktur tertagih (faktur pro forma) tanpa pembayaran sebagian.

  6. Dengan demikian pada Sales Invoice, Anda dapat melihat history pembayaran pada tab Daftar Pembayaran.

    - Pada bagian ini terdapat tab history Pro Forma untuk melihat mutasi Pro Forma yang sudah dibayarkan yang statusnya berubah menjadi paid.
    - Ketika masih ada faktur Pro Forma dengan status terbuka, menerima pembayaran tidak dapat diterapkan dari tingkat faktur penjualan (faktur utama).

3. Melihat dan Mencetak Faktur Pro Forma

Anda dapat mencetak dan melihat Pro Forma Invoice dalam format pdf. Ikuti langkah-langkah berikut apabila Anda ingin mencetak dan melihat Pro Forma Invoice.

  1. Pilih Menu “Penjualan”.
  2. Klik tab Faktur Penjualan lalu pilih no Invoice”.

  3. Scroll ke bawah, lalu pada tab Pro Forma Invoice, klik No Pro Forma Invoice.

  4. Lalu scroll ke bawah klik “Cetak dan Lihat” lalu pilih Lihat Pro Forma Invoice.
  5. Anda dapat melihat tampilan invoice yang sudah disediakan oleh jurnal, seperti gambar di bawah.
    mceclip17.png
  6. Klik “Preview PDF”, jIka Anda hendak melihat lebih detail template tersebut.
    mceclip18.png
  7. Maka, tampilan faktur yang akan tercetak seperti gambar di bawah.

Anda pengguna paket Pro atau Enterprise dan belum berlangganan fitur ini? Hubungi tim Jurnal untuk berlangganan fitur ini.

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form