Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Membuat Pengiriman Pembelian

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Pada panduan ini, Anda akan mendapatkan penjelasan tentang proses pengiriman, membuat pengiriman, dan membuat penagihan dari beberapa pengiriman. Berikut langkah-langkah membuat pengiriman pembelian.

1. Proses Pengiriman (Delivery)

1.png

Proses delivery di Jurnal dimulai dari Penawaran > Pemesanan > Pengiriman > Penagihan. Sebelum membuat delivery, Anda harus membuat pemesanan terlebih dahulu. Baca Guide Book - Cara Membuat Pemesanan Pembelian.

Setelah itu, staff Anda dengan roles Pergudangan (Stockist) dapat membuat delivery dari pemesanan pembelian yang telah dibuat.

2. Membuat Pengiriman

Jika Anda sudah membuat pemesanan pembelian, maka Anda dapat membuat delivery dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik menu Pembelian.
  2. Klik tab Pemesanan Pembelian.
    2023-04-05_10_03_103.jpg
  3. Klik nomor pemesanan.

  4. Scroll ke bawah dan klik "Tindakan" lalu pilih Buat Pengiriman
  5. Pilih tanggal pengiriman Anda.


    - Tanggal pengiriman yang dipilih tidak boleh lebih dari 24 bulan.
    - Jika Anda membuat tanggal transaksi sebelum tanggal hari ini (tanggal transaksi dibuat) dengan produk yang dicentang monitor persediaan barang dan sudah ada transaksi di depan tanggal transaksi tersebut, maka akan terdapat perhitungan ulang untuk harga pokok penjualan (HPP).

    - Anda dapat memilih pengingat dengan mencentang “Ingatkan saya lagi dalam 1 minggu/3 minggu”.

  6. Isi jasa pengiriman yang Anda gunakan pada field Kirim Melalui (bila ada).
  7. Isi nomor pelacakan pengiriman barang Anda (bila ada).
  8. Isi kuantitas barang yang akan dikirim. Anda dapat mengisi jumlah kuantitas yang dikirim sebagian atau seluruhnya. Misalnya, jumlah pemesanan Anda adalah 10 sedangkan yang dikirim adalah 5 (sebagian). Anda dapat membuat penagihan untuk sebagian barang yang dikirim dengan mengisikan jumlah kuantitasnya. Contoh: 5.

    A. Pengaturan Multilevel Warehouse
    - Jika Anda mengaktifkan dan menggunakan gudang dengan multilevel warehouse, Anda dapat klik “Simpan qty”.

    - Kemudian, akan muncul pop up berikut, dan pilih di Lokasi mana, produk akan diambil dan masukkan Kuantiti produk yang akan diambil dari warehouse tersebut. Dan klik “Selesai”.

    B. Pengaturan Batch

    - Jika Anda mengaktifkan pelacakan batch untuk suatu produk, maka Anda dapat klik “Atur batch”.

    - Kemudian, akan muncul pop up Atur batch, maka Anda dapat membuat atau memilih No. batch. Namun dalam satu produk, tidak bisa terdapat dua no batch yang sama.

    - Anda juga dapat membuat batch baru dengan mengetikkan no batch, lalu klik “Tambah…” dan masukkan informasi lainnya yang dibutuhkan. Jika sudah klik “Selesai”.

    C. Pengaturan Nomor Seri
    - Jika Anda mengaktifkan pelacakan nomor seri untuk suatu produk, maka Anda dapat klik “Tambah nomor seri”.

    - Kemudian, akan muncul pop up Tambah nomor seri, maka Anda dapat memasukkan nomor seri pada kolom yang disediakan untuk menambah nomor seri namun tidak boleh terdapat dua nomor seri yang sama pada satu produk ataupun menambahkan nomor seri yang sudah ada di sistem sebelumnya. Lalu klik “Selesai”.

  9. Isi ongkos pengiriman Anda.
  10. Klik “Buat”. Anda akan melihat form berikut.
  11. Delivery ini menyatakan Anda telah mengeluarkan pernyataan untuk mengirimkan sejumlah barang kepada pelanggan Anda.
  12. Pada tahap pengiriman ini, kuantitas produk akan bertambah dan Jurnal Entry akan terbentuk. Anda dapat klik tombol “Lihat Journal Entry” untuk melihat jurnal yang terbentuk.

    Apabila Anda menggunakan tahap pengiriman, maka biaya pengiriman (Akun Pengiriman) akan muncul disini. Namun, apabila Anda tidak menggunakan tahap ini (langsung pada tahap penagihan / invoice) maka akun pengiriman akan muncul pada tahap penagihan/invoice.

  13. Untuk membuat penagihan dari delivery Anda, klik “Buat Penagihan”. Penagihan yang dibuat adalah sesuai dengan jumlah barang yang sudah terkirim.

    Lihat laporan pengiriman pembelian Anda di menu Laporan > Tab Pembelian > Laporan Pengiriman Pembelian.

3. Membuat Penagihan dari Beberapa Pengiriman

Anda dapat membuat penagihan untuk setiap kali pengiriman atau membuat 1 kali penagihan untuk beberapa pengiriman. Untuk membuat penagihan dari beberapa pengiriman Anda, ikuti tahap - tahap berikut:

  1. Klik menu Pembelian.
  2. Klik tab Pengiriman.
    2023-04-05_10_03_10344.jpg
  3. Klik nomor pengiriman.

  4. Klik "Buat Penagihan" pada halaman pengiriman.
  5. Kemudian, pilih nomor pengiriman Anda pada faktur penagihan di kolom Pengiriman.
  6. Masukkan Pemotongan bila ada.
  7. Klik "Simpan dan Bayar".
  8. Anda dapat klik tombol “Lihat Jurnal Entry” untuk melihat jurnal yang terbentuk.

    Demikian adalah panduan cara membuat pengiriman pembelian.
Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form