Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Migrasi API Key Jurnal

Article author
Zendesk Admin
  • Diperbarui

API Jurnal digunakan oleh banyak developer untuk membuat sistem yang menawarkan waktu respons yang baik kepada pengguna, lebih stabil, serta mencegah pengguna dengan pemakaian yang besar memengaruhi pengguna dengan pemakaian yang lebih kecil.

Per tanggal 26 Juni 2024, Jurnal akan menutup akses ke halaman API Credentials dan membuka akses API ke halaman Mekari Developers, namun Anda tetap bisa menggunakan API key hingga tanggal 1 Agustus 2024. Setelah periode tersebut, hal-hal yang berkaitan dengan API akan berpindah ke halaman Mekari Developers. Karena itu, kami menyarankan Anda untuk melakukan migrasi atau pergantian API lama ke API baru melalui cara berikut.

A. Cara Migrasi API Key

  1. Masuk ke halaman API Credentials.

    - Hanya owner yang dapat mengakses halaman API Credentials.
    - Anda dapat tetap mengakses halaman API Credentials hingga 31 Juli 2024. Selama periode tersebut, Anda masih dapat menarik kembali, membuat baru atau menggunakan API sebelumnya.

  2. Di halaman ini, Anda juga akan melihat API key Anda sebelum nantinya halaman ini ditutup. Kemudian untuk membuat credential baru klik “Buka Mekari developers”.

    Hanya owner yang dapat mengakses halaman Mekari Developers.

  3. Kemudian, klik “Sign in” di pojok kanan atas. Anda dapat masuk menggunakan akun Mekari/Jurnal Anda.
  4. Lalu pada halaman berikut, klik “Create Application”.
  5. Kemudian masukkan Application Name yang Anda inginkan.
  6. Pilih perusahaan pada bagian Company.
  7. Selanjutnya akan muncul Authorized Scopes. Dan centang “Jurnal All” untuk memberikan API ke semua akses. Lalu klik “Submit”.

    Penting!
    Perlu diingat, jika Anda sudah mengenerate API key yang baru pada halaman Mekari Developers, maka Anda tidak dapat lagi menggunakan API dari halaman API Credentials di Jurnal.

  8. Kemudian, Anda akan melihat Client ID dan Client Secret yang bisa di salin seperti berikut.

B. Cara Upgrade Limit Hit API

Semua paket akan mendapatkan limit penggunaan API sebanyak 40 panggilan/menit. Rate limit atau pembatasan tarif diterapkan dalam 2 (dua) level, yaitu:

  • Batas tingkat Tingkat IP: Memungkinkan satu IP untuk membuat sejumlah permintaan tertentu dalam jangka waktu tertentu.
  • Tingkat Konsumen API: Memungkinkan konsumen (satu konsumen umumnya memetakan ke satu KUNCI API atau Token oAuth) untuk membuat sejumlah permintaan dalam jangka waktu tertentu.

Kami menerapkan batasan di setiap menit. Jika Anda ingin meningkatkan batas tarif Anda, Anda dapat melakukan pembelian pada menu Add-ons di Jurnal atau hubungi tim support kami di halojurnal@mekari.com

Detil Add-ons terkait API adalah:

  • Top-up API rate limit: Rp199.000,-
    - Penambahan API Rate Limit: 100 panggilan / menit.
Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form