Mencari sesuatu?

Bagaimana Mengimpor Penjualan Aplikasi Shopee

Article author
Mekari University
  • Diperbarui

Kini, Anda dapat menarik data transaksi penjualan dari aplikasi Shopee Anda, dan menguploadnya ke aplikasi Jurnal untuk diolah menjadi laporan keuangan.

Cara Export Data Penjualan dari Shopee

  1. Login pada aplikasi shopee seller center, lalu Klik menu “Pesan Saya”.
    Up1.png
  2. Klik tab “Semua”.
    Up2.png
  3. Filter rentang waktu laporan penjualan yang ingin diunduh pada kolom Periode Data, lalu klik tombol “Export”.
    pasted_image_0__38_.png

Cara Import Data Penjualan ke Jurnal

  1. Login ke aplikasi Jurnal.
  2. Klik menu "Penjualan".
  3. Klik “Import” dan pilih “Template dari Aplikasi Lain”.
    Up3.png
  4. Pada bagian ini klik “Shopee”.
    Up4.png
  5. Upload file yang Anda peroleh dari aplikasi Shopee, pada tombol “Choose File”.
    Up5.png
    Note: Anda juga dapat mengunduh file template berikut dengan klik di sini. Kemudian Anda dapat mengisi template tersebut dengan data penjualan Anda.
  6. Klik “Lanjut”.
    Up6.png
  7. Pilih akun kas/bank yang menampung pembayaran.
    Up7.png
  8. Pilih metode pembayaran Anda.
    Up8.png
  9. Pilih nama Pelanggan Anda.
    Up9.png

    Notes:

    • Anda dapat mengganti nama kontak pelanggan yang ada pada file menjadi kontak tertentu dengan membuat kontak baru terlebih dahulu. Untuk membuat kontak baru, klik di sini untuk pelajari lebih lanjut.
    • Apabila pelanggan tidak diisi, maka sistem akan membuat kontak baru secara otomatis apabila sistem tidak menemukan nama kontak tersebut. 
  10. Pilih tampilan status transaksi.
    Up11.png

     
  11. Jika status semua transaksi yang diinput ingin tercatat sebagai lunas, maka pilih "Buat semua status lunas".
    Notes:
    • Selesai >> Tercatat sebagai transaksi "Lunas/Paid".
    • Sedang Dikirim >> Tercatat sebagai transaksi "Lunas/Paid".
    • Perlu Dikirim >> Tercatat sebagai transaksi "Lunas/Paid".
    • Untuk status pesanan yang lainnya tidak akan diproses oleh sistem.
       
  12. Namun, jika status transaksi yang diinput ingin tercatat berdasarkan status pesanan yang terdapat pada template data penjualan, maka pilih "Sama seperti marketplace".

    Notes:
    Berikut adalah pembagian status transaksi berdasarkan pada status pesanannya.

    • Selesai >> Tercatat sebagai transaksi "Lunas/Paid".
    • Sedang Dikirim >> Tercatat sebagai transaksi "Belum dibayar/Open".
    • Perlu Dikirim >> Tercatat sebagai transaksi "Belum dibayar/Open".
    • Untuk status pesanan yang lainnya tidak akan diproses oleh sistem.
  13. Pilih tag yang mengelompokkan transaksi penjualan.
    Up12.png

     Note : Tags khusus pengguna Pro, Enterprise, dan Enterprise+.
  14. Pilih gudang penyimpanan Anda.
    Up13.png

     Note: Gudang khusus pengguna Enterprise dan Enterprise+.
  15. Centang bagian ini, jika nilai penjualanan pada transaksi telah termasuk PPN.
    Up14.png
  16. Kemudian klik “Lanjut”.
    Up15.png
  17. Anda akan diminta untuk menunggu beberapa saat.
    Up16.png
  18. Setelah transaksi Anda selesai diproses, maka akan terlihat seperti berikut.
    16.png

    Note: Pembuatan Sales Invoice berdasarkan (harga jual * qty)-diskon, untuk penyesuaian terhadap biaya admin dapat dilakukan menggunakan jurnal entri secara manual.
Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini membantu?

0 dari 0 menganggap ini berguna

Ada pertanyaan lagi? Kirim permintaan