Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

FAQs - Daftar Akun

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui
  1. Mengapa Akun Baru yang Saya Buat Tidak Masuk ke List Coa?

    Untuk memastiikan amun baru masuk ke list Coa, Perhatikan 3 hal di bawah ini:
    1. Pastikan nama akun/nomor akun tidak double/duplikat
    2. Pastikan klik "Simpan"
    3. Refresh halaman, lalu guankan CTRL + F untuk mencari akun yang baru anda buat

  2. Bagaimana Jika Saldo Awal Saya Tidak Balance?
    Saldo yang tidak balance akan masuk ke akun "ekuitas saldo awal". Jika Anda yakin saldo sebelumnya sudah balance, Anda dapat cek ulang untuk penginputan saldo awal pada Jurnal id.

  3. Bagaimana Cara Menonaktifkan Akun COA yang Sudah Tidak Digunakan Lagi?
    Akun yang masih memiliki saldo tidap dapat diarsipkan, karena syarat arsip akun adalah jika saldo akun 0/tidak ada transaksi.

  4. Apabila Saya Sudah Memasukkan Saldo Awal Lalu Telah Disimpan Sebagai Draft, Namun Mengapa Ketika Dibuka Kembali, Saldo Pada Daftar Akun Tersebut Tidak Muncul?
    Saldo awal akan muncul ketika sudah diterbitkan.  Jika saldo pada daftar akun tersebut tidak muncul, berarti saldo awal tersebut masih berada di draft dan tidak akan muncul pada neraca awal. Klik di sini untuk menerbitkan saldo awal.

  5. Bagaimana Cara Mengubah Nama Akun?
    Pada Jurnal, Anda dapat mengubah nama akun, klik di sini untuk melihat penjelasannya.

  6. Apakah Dapat Mengganti Bahasa Default Akun (COA) secara otomatis dari ‘Indonesia’ ke ‘English’, dan sebaliknya?

    Tidak bisa. Jika Anda sudah terlanjur mendaftarkan akun Jurnal dengan Bahasa English, Jurnal akan menyediakan Default Akun Bahasa English sesuai dengan tipe industri yang dipilih. Begitu pula sebaliknya.
    Namun, Anda dapat menghapus semua Default Akun yang sudah terdaftar dan mengimport Daftar Akun baru sesuai yang Anda inginkan menggunakan fitur
    Reset CoA. Reset CoA dapat dilakukan selama akun perusahaan yang bersangkutan tidak memiliki transaksi.

    a. Bagaimana jika perusahaan belum memiliki daftar akun sendiri?
    Apabila Anda tidak memiliki daftar akun sendiri, Anda dapat mendaftarkan perusahaan trial baru, dan melakukan ekspor Default CoA yang disediakan Jurnal. 
    Selanjutnya, Anda dapat menggunakan hasil ekspor daftar akun tersebut untuk diimpor kembali ke perusahaan yang ingin Anda gunakan melalui Reset CoA diatas. Setelah itu, Anda dapat menghapus perusahaan trial yang tidak digunakan lagi. 

    Pastikan akun yang ingin dihapus adalah akun perusahaan yang benar. Perusahaan yang sudah dihapus tidak dapat dikembalikan.

    b. Bagaimana jika sudah memiliki transaksi?
    - Anda dapat mengubah nama akun secara manual untuk akun yang sudah terkunci (pada daftar akun terdapat ikon gembok+ dan gembok, pelajari di sini).
    - Akun tanpa ikon gembok, dapat Anda hapus secara massal dan dapat import dengan daftar akun (CoA) baru. 

  7. Bagaimana Cara Menghapus Akun yang Terdapat Logo Gembok?
    Untuk akun yang bergembok plus adalah akun yang tidak bisa diedit kategori akunnya ataupun dihapus. Hal tersebut dikarenakan akun bergembok plus adalah akun bawaan/default dari jurnal. Sedangkan untuk akun bertanda gembok saja, bisa dihapus/diedit kategori akunnya jika semua transaksi yang berhubungan dengan akun tersebut sudah dihapus terlebih dahulu.

     

  8. Apa penyebab Saldo Awal dapat tidak terbuat dengan sempurna / tidak sesuai  dan bagaimana solusinya?

    Hal ini sering ditemukan pada company yang melakukan penerbitan Saldo Awal setelah pencatatan di Jurnal telah berjalan beberapa waktu dan transaksi yang terakumulasi sudah banyak.

    Sehingga, saat Saldo Awal diterbitkan pada tanggal berjalan, Saldo Awal yang diterbitkan akan membuat transaksi “Reversal” (automated by system) yang berfungsi untuk membalikkan semua journal entry (akun transaksi/account transaction/AT) yang berasal dari transaksi dengan tanggal sebelum tanggal Saldo Awal. Dikarenakan jumlah transaksi sebelum tanggal saldo awal terlampau besar, Jurnal tidak berhasil melakukan proses pembuatan Reversal dan/atau Saldo Awal ini dengan sempurna.

    Untuk solusinya, Anda dapat ikuti solusi berikut ini:
    Opsi 1. Jika tujuan penerbitan saldo awal ini adalah untuk melakukan adjustment saldo per [tanggal saldo awal saat ini], kami merekomendasikan untuk menghapus Saldo Awal dan menggantinya dengan penginputan transaksi jurnal umum manual. Lihat penjelasan pada pertanyaan Apa yang sebaiknya dilakukan jika belum memiliki Saldo Awal saat pertama mulai pencatatan menggunakan Jurnal?”. Untuk penghapusan ini dapat dibantu oleh team Jurnal.

    Opsi 2. Jika ingin tetap melakukan penerbitan saldo awal, Anda disarankan untuk melakukan penerbitan ulang Saldo Awal dan memajukan tanggal hingga awal transaksi pertama dibuat.
    Dengan memilih solusi ini, team Jurnal akan bantu melakukan perbaikan juga jika ada transaksi Reversal yang belum terhapus sepenuhnya dari Penerbitan Saldo Awal yang pertama kali.

  9. Jenis masalah/issue apa yang muncul ketika Saldo Awal tidak terbuat dengan sempurna / tidak sesuai?
    1. Error 500 saat membuka rincian transaksi dengan tanggal sebelum Saldo Awal
    2. Gagal membuat transaksi baru dengan tanggal sebelum Saldo Awal
    3. Akhir saldo per tanggal H-1 Saldo Awal tidak 0

  10. Apa yang sebaiknya dilakukan jika belum memiliki Saldo Awal saat pertama mulai pencatatan menggunakan Jurnal?

    Apabila Anda belum memiliki saldo awal, namun pencatatan sudah berjalan beberapa waktu dan Anda ingin menyesuaikan saldo di Jurnal dengan nilai aktual yang seharusnya, Anda dapat menggunakan fitur Jurnal Umum untuk menginput manual jurnal penyesuaian (adjustment entry).

    Untuk mendapatkan saldo yang benar, Anda dapat melakukan hal dibawah ini:
    1. Tentukan tanggal berjalan yang ingin Anda sesuaikan, misalnya 1 Februari 2023.
    2. Pastikan saldo kas & bank, stok, AR/AP, dan komponen penting lainnya sudah direview dengan benar per tanggal H-1 Saldo Awal, yaitu 31 Januari 2023.
    3. Tarik laporan di Jurnal untuk akhir saldo per 31 Januari 2022
    4. Hitung selisih saldo dengan aktual data yang dimiliki
    5. Import nilai selisih nya sebagai transaksi Jurnal umum

    Contoh 1:
    Nilai aktual saldo awal Kas
    per 1 Februari 2023 adalah 10 juta
    Nilai Kas di Jurnal per akhir 31 Januari 2023 adalah 8 juta

    Artinya Anda perlu menginput penyesuaian sebesar 2 juta di sisi debit agar saldo awal 1 Februari 2023 sesuai dengan saldo aktual.

    Contoh 2:

    Nilai aktual saldo awal Hutang Usaha per 1 Februari 2023 adalah 20 juta
    Nilai Hutang Usaha di Jurnal per akhir 31 Januari 2023 adalah 17 juta

    Artinya Anda perlu menginput penyesuaian sebesar 3 juta di sisi kredit agar saldo awal 1 Februari 2023 sesuai dengan saldo aktual.

    - Berbeda dengan fitur Saldo Awal (Conversion Balance), Anda hanya membutuhkan saldo akhir karena Jurnal akan membuat Reversal untuk memastikan saldo yang Anda input adalah saldo yang akan digunakan kedepannya.
    - Jika Anda melakukan penyesuaian manual dengan Jurnal umum akibat limitasi diatas, Anda perlu memasukkan selisih saldo agar saldo awal per 01 Februari 2023 dapat sesuai dengan nilai yang seharusnya.

  11. Bagaimana Cara Mencatat Aset yang Sudah Ada dari Sebelum Saldo Awal Pada Jurnal.id?
    Setelah menginput total saldo aset tetap, Anda dapat melalukan impor aset tetap. Kemudian, masukan nilai penyusutan yang sudah terbuat sampai tanggal akuisisinya pada kolom akumulasi penyusutan.

  12. Kategori Akun Apakah untuk Pinjaman/Kasbon Karyawan?
    Pinjaman/kasbon Karyawan bisa dimasukkan ke kategori akun Pinjaman Karyawan atau Piutang Karyawan, kategori COA-nya di other current assets/aktiva lancar lainnya.

  13. Apakah Saya Dapat Melakukan Membatalkan Tutup Buku?
    Pada Jurnal, Anda dapat melakukan membatalkan tutup buku, klik di sini untuk melihat penjelasannya.
Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form