Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Menginput Penagihan Pembelian Manual

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Bila kebijakan perusahaan Anda menetapkan bahwa atas setiap penawaran pembelian yang diberikan kepada pelanggan harus disertai dengan penagihan pembelian, maka Anda dapat melewati kedua tahap pemesanan dan pengiriman, serta langsung membuat formulir penagihannya. Ikuti langkah berikut.

  1. Masuk ke halaman Pembelian.
  2. Klik "+Buat Pembelian Baru" lalu pilih Faktur Pembelian.
  3. Selanjutnya, Anda akan diarahkan pada formulir Penagihan Pembelian. Ikuti penjelasan di bawah untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan dalam pembuatan Penagihan Pembelian.

    No Kolom Penjelasan
    1 Supplier Pilih pemasok dari kotak pilihan atau tambah pemasok baru (wajib diisi).
    2 Email Field ini akan otomatis terisi sesuai dengan pemasok yang dipilih.
    3 Info Pengiriman

    Centang jika barang akan dikirim. Kemudian Anda akan mengisi alamat, tanggal, cara, ongkos pengiriman dan nomor pelacakan. Fungsi pengiriman akan muncul setelah diaktifkan melalui menu Settings > tab Pembelian dan centang ‘Pengiriman’. Baca juga Cara Membuat Pengiriman.

    Aktifkan fitur ini melalui menu Settings> Tab Pembelian dan centang Uang Muka

    4 Alamat Supplier

    Field ini akan terisi secara otomatis setelah pemasok dipilih.

    5 Tgl Transaksi Pilih tanggal pembelian Anda.
    6 Tgl Jatuh Tempo Field ini akan terisi sesuai dengan syarat pembayaran yang dipilih. Namun, tetap dapat dipilih sesuai keinginan.
    7 Syarat Pembayaran Pilih syarat pembayaran yang Anda inginkan untuk pembelian ini. Syarat pembayaran default yang tersedia oleh sistem adalah Cash on Delivery, Net 15, Net 30 dan Net 60. Syarat pembayaran yang dipilih akan mempengaruhi tanggal jatuh tempo.

    - Pilih syarat pembayaran pembelian default pada menu Settings > Tab Pembelian.
    - Pilih syarat pembayaran pembelian default pada menu Settings > Tab Pembelian.
    - Pilih syarat pembayaran standar untuk supplier tertentu dari menu Supplier.
    - Buat syarat pembayaran baru melalui menu Daftar Lainnya > Syarat Pembayaran.

    8 No Transaksi Nomor transaksi akan diberikan dan diurutkan secara otomatis oleh sistem, namun dapat diganti sesuai keinginan. Nomor transaksi ini akan memudahkan Anda dalam melacak data transaksi Anda. 
    9 No Referensi Supplier Masukkan nomor referensi pemasok. Contohnya, untuk mencatat nomor pemesanan yang diberikan oleh pemasok (opsional).
    10 Gudang

    Pilih dari gudang mana produk yang Anda beli. Anda juga dapat membuat gudang baru untuk mengelompokkan produk-produk yang ada di perusahaan Anda.

    11 Tag Pilih tag transaksi dari kotak pilihan atau Anda dapat membuat tag baru. Tag ini akan memudahkan Anda untuk membaca laporan transaksi yang dikelompokkan berdasarkan tag. Baca Cara Mengelompokkan Transaksi dengan Tag.

    Pelajari cara mengelola Tag, di sini.

    12 Mata Uang Pilih mata uang yang Anda gunakan.

    Opsi mata uang akan muncul jika Anda mengaktifkan fitur Multi-mata Uang.

    13 Harga Termasuk Pajak Geser toogle ini ke kanan jika harga produk yang Anda jual telah termasuk PPN. Misalkan harga produk Anda adalah Rp 100.000 (sudah termasuk PPN), maka harga satuannya otomatis akan terhitung dengan nilai Rp 90.909,090909 dan nilai pajaknya adalah Rp 9.090,909091.

    - Fitur ini dapat diaktifkan melalui menu Settings > centang Termasuk Pajak.
    - Fitur ini tidak akan berfungsi untuk jenis pajak majemuk.
    - Jika pajak yang Anda pilih bersifat memotong, maka harga yg tertera belum dikurangi pajak pemotongan. 

    14 Produk Pilih produk yang dibeli dari kotak pilihan. Jika belum ada, ketikkan nama produk untuk menambahnya pada daftar produk.

    Anda dapat memilih produk lebih dari 1 baris.

    15 Deskripsi Deskripsi akan ditampilkan secara otomatis jika Anda memilih produk dari kotak pilihan. Anda dapat menggantinya jika diperlukan.
    16 Kuantitas Masukkan jumlah produk yang dibeli.

    - Jika Anda mengaktifkan dan memilih gudang dengan multilevel warehouse, Anda dapat klik “Simpan qty”.

    - Kemudian, akan muncul pop up berikut, dan pilih di lokasi mana, produk akan diambil dan masukkan Kuantiti produk yang akan diambil dari warehouse tersebut. Dan klik “Selesai”.

    17 Satuan Akan muncul secara otomatis sesuai dengan produk yang dipilih.
    18 Harga Satuan Harga satuan akan ditampilkan sesuai dengan produk yang Anda pilih atau Anda juga dapat mengisinya sesuai kebutuhan.
    19 Diskon

    Masukkan diskon produk bila produk yang Anda beli mendapatkan diskon.

    20 Pajak Pilih pajak yang akan dikenakan pada setiap produk. Jika pilihan pajak belum tersedia, klik +Ketik Untuk Menambahkan. Pajak bisa bersifat sebagai pemotong atau penambah nominal transaksi dengan mengaturnya lewat Daftar Lainnya > Pajak.
    21 Jumlah Field ini adalah jumlah perkalian dari kuantitas, harga satuan dan diskon dan akan dijumlah secara otomatis.
    22 Pilih produk Klik untuk menambahkan data produk.
    23 Diskon

    Anda dapat memilih untuk memasukkan nilai atau persentase diskon. Anda juga dapat memasukkan diskon majemuk/gabungan (multi discount). Contoh, pilih % dan ketikkan 50+20 pada field diskon.

    Persentase diskon yang muncul adalah persentase diskon majemuk yaitu, 60%.

    Field ini akan muncul jika sudah diaktifkan melalui menu Settings > tab Produk dan mencentang Diskon.

    24 Masukkan Jumlah Pemotongan

    Klik “Masukkan Jumlah Pemotongan”. Kemudian, pilih akun yang menampung pajak pemotongan, contoh: akun PPh 23 Dibayar Dimuka. Masukkan persentase pemotongan pajak.

    Witholding/Pemotongan hanya berlaku atas DPP saja, sehingga apabila terdapat potongan, potongan tersebut hanya memotong sebesar nominal DPP, tidak memotong pajaknya.

    Sebagai contoh, apabila Anda memiliki transaksi sejumlah Rp 80.000 + PPn 11% (8.800) dan pada transaksi tersebut Anda mendapat potongan 100% maka sisa tagihan Anda tidak langsung menjadi 0 tetapi Rp 8.800. 
    25 Uang muka

    Masukkan uang yang dibayarkan dimuka (deposit). Uang muka ini akan memotong jumlah yang tertagih dari pemasok Anda. Jika uang muka yang dimasukkan melebihi jumlah tagihan, maka sisanya akan menjadi kredit memo.

    26 Pesan

    Masukkan keterangan tambahan mengenai transaksi pembelian yang Anda catat. Pesan ini akan tercetak pada faktur pembelian Anda.

    27 Memo Masukkan keterangan tambahan mengenai transaksi pembelian yang akan ditampilkan pada laporan pembelian Anda (tidak tercetak pada invoice).
    28 Lampiran Klik "Pilih file" jika ada berkas yang akan dilampirkan.
  4. Jika sudah selesai, Anda akan melihat 2 tombol fungsi di bawah form. Klik “Buat” untuk menyimpan data pembelian atau "Simpan dan Bayar" untuk menyimpan dan melakukan pembayaran. 
  5. Anda juga dapat klik "tanda panah ke bawah" lalu pilih Buat dan baru untuk menyimpan serta membuat penagihan pembelian yang baru.

    Apabila Anda tidak memiliki akses untuk membuat transaksi, maka setiap transaksi akan terbentuk sebagai draft dan akan masuk ke tab membutuhkan persetujuan. Klik link ini untuk menyetujui transaksi draft pembelian

Jurnal Entry yang Terbentuk

  1. Faktur pembelian yang produknya tidak dimonitor.

  2. Faktur pembelian yang produknya tidak dimonitor dan dikenakan pajak

  3. Faktur pembelian yang produknya dimonitor.

  4. Faktur pembelian yang produknya dimonitor dan dikenakan pajak.

     

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form