Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Membuat Penagihan Penjualan Manual

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Untuk membuat penagihan penjualan (sales invoice), klik Penjualan pada menu vertikal di sebelah kiri. Kemudian, klik “Buat Penjualan Baru” dan pilih Penagihan Penjualan. Pada halaman tambah penjualan, Anda bisa menentukan apakah Anda akan membuat Faktur penjualan, Pemesanan, atau Penawaran.

Klik di sini untuk mencoba langsung membuat penjualan.

Pada halaman ini, akan dijelaskan tentang  penggunaan tag, penggunaan gudang, penggunaan diskon majemuk (Multi Discount), pengisian uang muka, dan contoh jurnal entry.

1. Membuat Penjualan

Berikut penjelasan untuk mengisi form penagihan.

No Kolom Penjelasan
1 Pelanggan Pilih pelanggan dari kotak pilihan atau tambah pelanggan baru (wajib diisi).
2 Email

Field ini akan otomatis terisi sesuai dengan pelanggan yang dipilih.

3 Info Pengiriman

Centang jika barang akan dikirim. Kemudian Anda akan mengisi alamattanggalcaraongkos pengiriman dan nomor pelacakan. Fungsi pengiriman akan muncul setelah diaktifkan melalui menu Settings > tab Penjualan dan centang ‘Pengiriman’.

Baca juga Cara Membuat Pengiriman.

4 Alamat Penagihan Field ini akan terisi secara otomatis setelah pelanggan dipilih.
5 Tgl Transaksi

Pilih tanggal penjualan Anda.

- Tanggal transaksi yang dipilih tidak boleh lebih dari 24 bulan.
- Jika Anda membuat tanggal transaksi sebelum tanggal hari ini (tanggal transaksi dibuat) dengan produk yang dicentang monitor persediaan barang dan sudah ada transaksi di depan tanggal transaksi tersebut, maka akan terdapat perhitungan ulang untuk harga pokok penjualan (HPP).

- Anda dapat memilih pengingat dengan mencentang “Ingatkan saya lagi dalam 1 minggu/3 minggu”.

6 Tgl Jatuh Tempo Field ini akan terisi sesuai dengan syarat pembayaran yang dipilih. Namun, tetap dapat dipilih sesuai keinginan.
7 Syarat Pembayaran

Pilih syarat pembayaran yang Anda inginkan untuk penjualan ini. Syarat pembayaran default yang tersedia oleh sistem adalah Cash on Delivery, Net 15Net 30 dan Net 60. Syarat pembayaran yang dipilih akan mempengaruhi tanggal jatuh tempo.                            

- Pilih syarat pembayaran penjualan default pada menu Settings > Tab Penjualan.
- Pilih syarat pembayaran standar untuk pelanggan tertentu dari menu Pelanggan.
- Buat syarat pembayaran baru melalui menu Daftar Lainnya > Syarat Pembayaran.

8 No Transaksi

Nomor transaksi akan diberikan dan diurutkan secara otomatis oleh sistem, namun dapat diganti sesuai keinginan. Nomor transaksi ini akan memudahkan Anda dalam melacak data transaksi Anda.

Lihat cara pengaturannya di sini.

9 No Referensi Pelanggan Masukkan nomor referensi pelanggan. Contohnya, untuk mencatat nomor pemesanan yang diberikan oleh pelanggan (opsional).
10 Tag

Pilih tag transaksi dari kotak pilihan atau Anda dapat membuat tag baru. Tag ini akan memudahkan Anda untuk membaca laporan transaksi yang dikelompokkan berdasarkan tag.

Baca Cara Mengelompokkan Transaksi dengan Tag. Atur tag-tag yang ada melalui menu Daftar Lainnya > Tag.

11 Gudang Pilih dari gudang mana produk yang Anda jual. Anda juga dapat membuat gudang baru untuk mengelompokkan produk-produk yang ada di perusahaan Anda.
12 Mata Uang

Pilih Mata Uang yang akan digunakan pada transaksi ini.

Opsi mata uang akan muncul jika Anda mengaktifkan fitur Multi-mata Uang.

13 Harga Termasuk Pajak

Centang jika harga produk yang Anda jual termasuk PPN. Misalkan harga produk Anda adalah Rp 100.000 (sudah termasuk PPN), maka harga satuannya otomatis akan terhitung dengan nilai Rp 90.909,090909 dan nilai pajaknya adalah Rp 9.090,909091.

- Fitur ini dapat diaktifkan melalui menu Settings > centang Termasuk Pajak.
- Fitur ini tidak akan berfungsi untuk jenis pajak majemuk. Pelajari di sini.
- Jika pajak yang Anda pilih bersifat memotong, maka harga yg tertera belum dikurangi pajak pemotongan. Pelajari di sini.

14 Produk

Pilih produk yang dijual dari kotak pilihan. Jika belum ada, ketikkan nama produk untuk menambahnya pada daftar produk.

Anda dapat menambahkan produk baru dengan klik “+Tambah baru”.

Anda hanya dapat memiliki maksimal 500 baris produk dalam satu transaksi. Untuk menambahkan informasi, Anda juga dapat menggabungkan faktur melalui Join Sales Invoice/Join Purchase invoice.

Kemudian isikan komponen di bawah ini.

Klik di sini, untuk mempelajari cara pengisian produk baru.

15 Deskripsi Deskripsi akan ditampilkan secara otomatis jika Anda memilih produk dari kotak pilihan. Anda dapat menggantinya jika diperlukan.
16 Kuantitas

Masukkan jumlah produk yang dijual. Jika Anda mengaktifkan:

A. Multilevel Warehouse
- Jika Anda menggunakan dan memilih gudang dengan multilevel warehouse, Anda dapat klik “Ambil qty”.

- Kemudian, akan muncul pop up berikut, dan pilih di Lokasi mana, produk akan diambil dan masukkan Kuantiti produk yang akan diambil dari warehouse tersebut. Dan klik “Selesai”.

B. Pelacakan Batch
- Jika Anda menggunakan produk yang mengaktifkan pelacakan batch, maka Anda dapat klik “Ambil dari batch”.

- Kemudian, pada pop up yang muncul, pilih di batch mana produk akan diambil dan masukkan Qty produk yang akan diambil. Lalu klik “Selesai”.

Untuk batch, total batch yang dipilih harus sesuai dengan qty yang dijual

C. Pelacakan Nomor Seri
- Jika Anda menggunakan produk yang mengaktifkan pelacakan nomor seri, maka Anda dapat klik “Atur nomor seri”.

- Kemudian pada pop up yang muncul, masukkan nomor seri yang akan diambil dan klik “Simpan”.

17 Unit Akan muncul secara otomatis sesuai dengan produk yang dipilih.
18 Harga Satuan

Harga satuan akan ditampilkan sesuai dengan produk yang Anda pilih atau Anda juga dapat mengisinya sesuai kebutuhan.

19 Diskon Masukkan diskon produk bila produk yang Anda jual akan di diskon.
20 Pajak

Pilih pajak yang akan dikenakan untuk setiap produk. Jika belum ada, Anda bisa klik +Add New untuk menambah daftar pajak yang baru.

Pajak bisa bersifat sebagai pemotong atau penambah nominal transaksi dengan mengaturnya pada Daftar Lainnya > Pajak.

21 Jumlah Field ini adalah jumlah perkalian dari kuantitas, harga satuan dan diskon dan akan dijumlah secara otomatis. 
22 Pesan Masukkan keterangan tambahan mengenai transaksi penjualan yang Anda catat. Pesan ini akan tercetak pada faktur penjualan Anda.
23 Memo Masukkan keterangan tambahan mengenai transaksi penjualan yang akan ditampilkan pada laporan penjualan Anda (tidak tercetak pada invoice).
24 Lampiran

Klik +Tambah Berkas jika ada berkas yang akan dilampirkan.

25 Diskon 

Anda dapat memilih untuk memasukkan nilai atau persentase diskon. Anda juga dapat memasukkan diskon majemuk/gabungan (multi discount).

Contohnya, pilih % dan ketikkan 50+20 pada field diskon. Persentase diskon yang muncul adalah persentase diskon majemuk yaitu, 60%.

Field ini akan muncul jika sudah diaktifkan melalui menu Setting > Tab Produk dan mencentang Diskon.
Image_4.jpg

26 Pemotongan

Klik “Masukkan Jumlah Pemotongan”. Kemudian, pilih akun yang menampung pajak pemotongan, contoh: akun PPh 21-Aset Tetap. Masukkan persentase pemotongan pajak.

- Pemotongan ganda hanya berlaku pada tampilan penjualan yang baru.
- Limit withholding sampai dengan 10 withholding.
- Jika Anda ingin mengubah ke tampilan lama, wajib melakukan pengahapusan dari transaksi yang mengandung multiplewithholding terlebih dahulu.
- Apabila Anda beralih ke tampilan penjualan yang lama mungking akan berpengaruh pada tampilan perhitungan tetapi kebenaran datahanya akan ditampilkan pada perombakan penjualan.
- Witholding/Pemotongan hanya berlaku atas DPP saja, sehingga apabila terdapat potongan, potongan tersebut hanya memotong sebesar nominal DPP, tidak memotong pajaknya.
Sebagai contoh, apabila Anda memiliki transaksi sejumlah Rp 80.000 + PPn 11% (8.800) dan pada transaksi tersebut Anda mendapat potongan 100% maka sisa tagihan Anda tidak langsung menjadi 0 tetapi Rp 8.800. 

27 Uang Muka

Masukkan uang yang dibayarkan di muka (deposit). Uang muka ini akan memotong jumlah yang ditagihkan ke pelanggan Anda. Jika uang muka yang dimasukkan melebihi jumlah tagihan, maka sisanya akan menjadi kredit memo (baca: Guidebook Overpayment).

Aktifkan fitur ini melalui menu Settings > Tab Penjualan dan centang Uang Muka.

  1.  Jika sudah selesai, Klik “Buat” untuk menyimpan transaksi pencatatan penjualan atau klik ikon "panah ke bawah" lalu pilih Buat dan baru untuk menyimpan dan membuat transaksi baru.

  2. Klik ikon "Buat dan bagikan" maka, akan muncul beberapa tindakan seperti gambar berikut.

- Buat dan bagikan via WhatsApp: Untuk membuat transaksi penjualan. dan mengirim via WhatsApp.
- Buat dan bagikan via Email: Untuk membuat transaksi penjualan dan mengirim via Email
- Apabila Anda tidak memiliki akses untuk membuat transaksi, maka setiap transaksi akan terbentuk sebagai draft dan akan masuk ke tab membutuhkan persetujuan. Klik link ini untuk menyetujui transaksi draft penjualan.

2. Contoh Jurnal Entry

  1. Faktur yang produknya tidak dimonitor.
    7.png
  2. Faktur yang produknya tidak dimonitor tapi dikenakan pajak.
    8.png
  3. Faktur yang produknya dimonitor.
    9.png
Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form