Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Membuat Penawaran Penjualan

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Bila Anda hendak memberikan penawaran kepada pelanggan atas produk yang Anda jual, Anda dapat membuat formulir penawaran penjualan melalui langkah-langkah berikut.

  1. Masuk ke menu “Penjualan”.
  2. Klik pada tombol “Buat Penjualan Baru" lalu pilih Penawaran Penjualan.
  3. Selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman formulir penawaran penjualan. Lengkapi seluruh informasi yang diperlukan pada formulir tersebut seperti contoh berikut ini.
  4. Setelah selesai, klik “Buat” untuk langsung menyimpan formulir penawaran penjualan.
  5. Atau klik “panah ke bawah" dan pilih Buat dan Baru, Jika anda ingin menyimpan dan langsung membuat formulir penawaran penjualan yang baru. Anda juga dapat memilih "Buat dan bagikan via email jika ingin membagikan langsung via email.
    Bagaimana Cara Membuat Penawaran Penjualan V3.png

    Selanjutnya, Anda akan dibawa pada halaman untuk mengirim e-mail kepada pelanggan. Isi email penerima dan informasi lainnya, lalu klik “Kirim” untuk mengirim e-mail dan menyimpan formulirnya. 

  6. Demikian formulir penawaran penjualan yang terbentuk.
  7. Penawaran penjualan yang Anda buat, telah terdaftar pada menu “Penjualan” dalam tab Penawaran sebagai berikut.
  8. Bila pelanggan menerima tawaran yang telah Anda berikan dan melakukan pemesanan penjualan, maka Anda dapat melanjutkan pencatatan pada proses pemesanan. Lihat caranya berikut ini.
  9. Pengguna yang diberikan akses “Butuh Persetujuan Untuk Transaksi Penjualan” hanya akan dapat membuat draft transaksi terkait dengan penjualan pada Jurnal. Lihat petunjuk klik link ini untuk pengajuan fitur Approval.

    Apabila Anda tidak memiliki akses untuk membuat transaksi, maka setiap transaksi akan terbentuk sebagai draft dan akan masuk ke tab membutuhkan persetujuan. Klik link ini untuk menyetujui transaksi draft penjualan.

Rincian informasi:

  • Diskon Per Baris: Masukkan persentase atau nilai diskon yang diberikan. Field ini akan muncul setelah diaktifkan melalui menuSetting > tab Penjualan.
  • Harga Termasuk Pajak: Geser tombol ini ke kanan jika harga produk yang Anda jual telah termasuk PPN.
  • Misalkan harga produk Anda adalah Rp 100.000 (sudah termasuk PPN), maka harga satuannya otomatis akan terhitung dengan nilai Rp 90.909,090909 dan nilai pajaknya adalah Rp 9.090,909091.

    - Fitur ini dapat diaktifkan melalui menu Settings > centang Termasuk Pajak.
    - Fitur ini tidak akan berfungsi untuk jenis pajak majemuk. Pelajari di sini.
    - Jika pajak yang Anda pilih bersifat memotong, maka harga yg tertera belum dikurangi pajak pemotongan. Pelajari di sini.

  • Pelanggan: Pilih pelanggan dari kotak pilihan atau tambah pelanggan baru (wajib diisi).
  • Email: Field ini akan otomatis terisi sesuai dengan pelanggan yang dipilih.
  • Info Pengiriman: Centang jika barang akan dikirim. Kemudian Anda akan mengisi  alamat, tanggal, cara, ongkos, pengiriman, nomor pelacakan.
    Fungsi pengiriman akan muncul setelah diaktifkan melalui menu Settings > tab Penjualan  dan centang  ‘Pengiriman’.
    Baca juga: Cara Membuat Pengiriman.
  • Alamat Penagihan: Field ini akan terisi secara otomatis setelah pelanggan dipilih;
  • Tgl Transaksi: Pilih tanggal penjualan Anda.
  • Berlaku Hingga: Field ini dapat diisi sesuai dengan tanggal berakhirnya penawaran penjualan yang diberikan.
  • Syarat Pembayaran: Pilih syarat pembayaran yang Anda inginkan untuk penjualan ini. Syarat pembayaran default yang tersedia oleh sistem adalah  Cash on Delivery,  Net 15,  Net 30 dan Net 60. Syarat pembayaran yang dipilih akan mempengaruhi tanggal berlaku hingga.

    - Pilih syarat pembayaran penjualan default pada menu Settings > Tab Penjualan 
    - Pilih syarat pembayaran standar untuk pelanggan tertentu dari menu Kontak.
    - Buat syarat pembayaran baru melalui menu Daftar Lainnya > Syarat Pembayaran.

  • No Transaksi: Nomor transaksi akan diberikan dan diurutkan secara otomatis oleh sistem, namun dapat diganti sesuai keinginan. Nomor transaksi ini akan memudahkan Anda dalam melacak data transaksi Anda. Lihat cara pengaturannya di sini.
  • No Referensi Pelanggan: Masukkan nomor referensi pelanggan. Contohnya, untuk mencatat nomor pemesanan yang diberikan oleh pelanggan (opsional).
  • Tag "P" "E": Pilih tag transaksi dari kotak pilihan atau Anda dapat membuat tag baru. Tag ini akan memudahkan Anda untuk membaca laporan transaksi yang dikelompokkan berdasarkan tag. Baca: Cara Mengelompokkan Transaksi dengan Tag.

    Atur tag-tag yang ada melalui menu Daftar Lainnya > Tag.

  • Produk: Pilih produk yang dijual dari kotak pilihan. Jika belum ada, ketikkan nama produk untuk menambahnya pada daftar produk.
    Anda dapat menambahkan produk baru dengan klik “Tambah baru”.

    Anda hanya dapat memiliki maksimal 500 baris produk dalam satu transaksi. Untuk menambahkan informasi, Anda juga dapat menggabungkan faktur melalui Join Sales Invoice/Join Purchase invoice.

    Kemudian isikan komponen di bawah ini.

    Klik di sini, untuk mempelajari cara pengisian produk baru.

  • Deskripsi: Deskripsi akan ditampilkan secara otomatis jika Anda memilih produk dari kotak pilihan. Anda dapat menggantinya jika diperlukan.
  • Kuantitas: Masukkan jumlah produk yang dijual.
  • Satuan: Akan muncul secara otomatis sesuai dengan produk yang dipilih.
  • Harga Satuan: Harga satuan akan ditampilkan sesuai dengan produk yang Anda pilih atau Anda juga dapat mengisinya sesuai kebutuhan.
  • Kolom Diskon: Masukkan diskon produk bila produk yang Anda jual akan didiskon.
  • Jumlah: Field ini adalah jumlah perkalian dari kuantitas, harga satuan dan diskon dan akan dijumlah secara otomatis.
  • Pajak: Pilih pajak yang akan dikenakan untuk setiap produk. Jika belum ada, Anda bisa klik +Add New untuk menambah daftar pajak yang baru. Pajak bisa bersifat sebagai pemotong atau penambah nominal transaksi dengan mengaturnya pada Daftar Lainnya > Pajak.
  • Pesan: Masukkan keterangan tambahan mengenai transaksi penjualan yang Anda catat. Pesan ini akan tercetak pada faktur penjualan Anda.
  • Memo: Masukkan keterangan tambahan mengenai transaksi penjualan yang akan ditampilkan pada laporan penjualan Anda (tidak tercetak pada invoice).
  • Lampiran: Klik +Tambah Berkasjika ada berkas yang akan dilampirkan.
  • Diskon: Anda dapat memilih untuk memasukkan nilai atau persentase diskon. Anda juga dapat memasukkan diskon majemuk/gabungan (multi discount). Contoh pilih % dan ketikkan 50+20 pada field diskon. Persentase diskon yang muncul adalah persentase diskon majemuk yaitu, 60%. Field ini akan muncul jika sudah diaktifkan melalui menu Settings > Tab Penjualan.
Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form