Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Melakukan Tutup Buku

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Pada bagian ini, Anda akan melihat penjelasan terkait tutup buku yang ada di Jurnal. Berikut beberapa panduannya.

Pelajari lebih lanjut tentang tutup buku di sini [Blog] Panduan cara tutup buku.

1. Sekilas Mengenai Menu Tutup Buku

Fitur ini berfungsi untuk melakukan tutup buku pada catatan keuangan Anda dari awal periode sampai periode yang ditentukan. Dengan fitur ini Anda dapat melakukan hal-hal seperti.

  • Mencegah terjadinya perubahan data pembukuan Anda oleh pihak tidak berwenang pada laporan yang telah di Tutup Buku.
  • Membuat jurnal penutup otomatis untuk mencatat Laba/Rugi bersih ke Laba Ditahan.
  • Fleksibel dalam memilih periode tutup buku,baik setiap triwulan, semester, tahunan, atau sesuai kebutuhan bisnis Anda.
  • Jika Anda ingin melakukan proses penguncian yang lebih rutin, Anda dapat menggunakan kunci periode.

Korelasi kunci periode dan tutup buku:

  • Tanggal akhir kunci periode dan tutup buku saling berkelanjutan.
  • Tanggal awal tutup buku akan merujuk ke periode tutup buku terakhir untuk menghitung keuntungan bersih/rugi.

Ada 3 (tiga) entry point untuk melakukan tutup buku yaitu:

A. Melalui Banner 

Anda dapat melakukan penutupan buku melalui Banner yang ada pada Menu Homepage, di mana Anda dapat langsung klik “Mulai Tutup Buku” untuk melakukan penutupan buku.


B. Melalui Menu Daftar Akun

  1. Masuk ke menu Daftar Akun.
  2. Klik “Tindakan” lalu pilih “Penutupan Buku”.


    - Selain itu, bagi pengguna yang sudah melakukan transaksi selama 1 tahun namun belum pernah melakukan tutup buku, maka akan muncul banner reminder tutup buku seperti di bawah ini yang berada pada menu Daftar Akun. Klik “Mulai Tutup Buku” untuk melakukan penutupan buku.
    c.png
    - Bagi perusahaan yang belum siap melakukan proses tutup buku, maka Anda bisa menutup banner dengan klik “x” dan pilih opsi di bawah ini.
       A. Bulan depan (banner akan muncul dalam waktu 30 hari ke depan).
       B. 3 bulan lagi (banner akan muncul dalam waktu 90 hari ke depan).
       C. 6 bulan lagi (banner akan muncul dalam waktu 180 hari ke depan).
    - Namun bagi  Anda yang  tidak memiliki SOP untuk tutup buku, Anda bisa memilih opsi Tidak perlu diingatkan (banner akan hilang secara permanen)

C. Melalui Menu Daftar Lainnya 

Pada Menu Daftar Lainnya, Anda dapat pilih Daftar Kunci Periode & Tutup Buku, untuk melakukan penutupan buku.

2. Memulai Tutup Buku

Penting
- Jika Anda belum pernah melakukan tutup buku dari awal pembukuan Anda serta tidak ada catatan mengenai penutupan buku maka periode tutup buku akan secara otomatis diatur dari awal pembukuan.
- Jika Anda belum pernah melakukan prosedur tutup buku, maka Anda akan melihat tampilan berikut.
mceclip0.png

Untuk melakukan tutup buku, berikut langkah-langkahnya.

  1. Klik “Mulai Tutup Buku”. Hal yang perlu Anda ingat adalah, ketika Anda sudah melakukan tutup buku, maka Anda tidak dapat melakukan perubahan data transaksi hingga tanggal akhir tutup buku.
    ID.png
  2. Setelah menentukan sampai tanggal berapa tutup buku, klik “Lanjut”.

    Anda tidak dapat memilih tanggal di atas tanggal hari ini.

  3. Kemudian, Anda perlu memastikan daftar yang terlampir di halaman ini telah direview dan terkonfirmasi benar
Kolom Penjelasan
Rekonsiliasi Bank Periksa tanggal terakhir Anda melakukan rekonsiliasi untuk masing-masing akun Kas & Bank dan Kartu Kredit yang Anda miliki. Sebaiknya Anda melakukan rekonsiliasi sebelum tutup buku.

Selain itu, rekonsiliasi ini dapat dilakukan secara periodik agar pencocokan catatan pada Bank dan aplikasi Jurnal dapat lebih akurat dan terkini. Anda dapat melakukan rekonsiliasi Kas dengan cara manual dan rekonsiliasi Bank melalui Tab Rekonsiliasi.
Stok Opname Periksa tanggal terakhir Anda melakukan stok opname (perhitungan stok) pada persediaan barang yang Anda miliki.

Sebaiknya stok opname dilakukan sebelum tutup buku. Selain itu, stok opname ini dapat dilakukan secara periodik agar catatan persediaan barang Anda akurat dan terkini. Pelajari lebih lanjut di sini.

Anda tidak dapat melanjutkan proses tutup buku jika terdapat stok negatif (-) di masing-masing gudang.
Penyusutan Aset Periksa apakah ada penyusutan aset yang belum dicatat hingga tanggal penutupan buku. Pastikan untuk mengklik “Terapkan” pada jadwal penyusutan aset yang ditampilkan pada tab Penyusutan Aset menu Pengaturan Aset. Pelajari lebih lanjut di sini.

Anda tidak dapat melanjutkan proses tutup buku jika terdapat Aset yang belum disusutkan dalam periode tutup buku.
Transaksi Draft Jika Anda mengaktifkan fitur Approval, dan ada draft transaksi yang belum disetujui, maka informasi terkait Lihat Daftar transaksi draft akan muncul di halaman rekonsiliasi.

Anda dapat melanjutkan proses tutup buku, namun transaksi draft dalam periode tutup buku tidak dapat disetujui setelah tutup buku dilakukan.
Perhitungan inventory masih berlangsung Anda juga tidak dapat melanjutkan proses tutup buku jika masih terdapat kalkulasi yang masih berlangsung. Anda bisa cek proses kalkulasi melalui halaman Perhitungan Transaksi Berjalan.
Image_009.png
  1. Jika Anda sudah melakukan pengecekan untuk semua daftar di atas, klik “Lanjut”. Anda akan diarahkan ke halaman Kertas Kerja Neraca Saldo.
    mceclip0.png
  2. Halaman ini menunjukkan Kertas Kerja yang terdiri dari trial balance, income statement, dan balance sheet. Pastikan semua akun memiliki jumlah saldo yang benar. Periksa juga untuk total akhir debit dan credit di bawah kolom Trial Balance dan Balance Sheet memiliki jumlah saldo yang sama.

    Jumlah saldo debit dan kredit pada Balance Sheet hanya akan sama jika Anda sudah mengisi informasi akun laba ditahan di bawah.

  3. Jika semua saldo sudah benar, scroll ke bagian bawah halaman.


    No Kolom Penjelasan
    1 Saldo Akhir Saldo akhir akan muncul jika Anda sudah memilih memilih akun (poin 2, 5, 6)
    2 Tax expense account Pilih akun biaya (tax expense account) yang akan digunakan untuk mencatat pengeluaran pajak periode tutup buku ini.
    3 Persen pajak Isi pengeluaran pajak untuk periode tutup buku ini. Jika usaha Anda memiliki keuntungan, pajak dapat diisi dalam bentuk persentase dari keuntungan tersebut, atau langsung memasukkan nominal pajak nya.
    4 Jumlah pajak Jika Anda mengisi persen pajak, maka jumlah pajak akan otomatis terisi.
    5 Tax payable account Pilih akun hutang pajak (tax payable account) untuk menampung biaya pajak yang belum dibayarkan ini.
    6 Retained earnings account Pilih akun laba ditahan (retained earnings account) untuk menyimpan keuntungan atau kerugian sesudah pajak.
    7 Memo Isi keterangan tambahan pada field Memo jika diperlukan. Informasi Memo ini hanya akan terlampir di halaman Index Tutup Buku.
  4. Klik tombol “Simpan dan Lanjutkan”.
  5. Periksa terlebih dahulu laporan-laporan hasil penutupan buku periode ini. Klik “Konfirmasi Tutup Buku” untuk menyelesaikan proses penutupan buku. Jika Anda meninggalkan halaman ini tanpa mengkonfirmasi, maka proses tutup buku ini akan tersimpan sebagai draft.

    Penting
    - Jika Anda memiliki Saldo Awal yang diterbitkan di menu Daftar Akun sebelum tanggal tutup buku, maka kolom Saldo Awal akan mencatat nilai per tanggal Saldo Awal dari Daftar Akun. Hal ini berlaku untuk Anda yang melakukan Tutup Buku pertama kali.
    - Akun tax expense, tax payable, dan retained earnings yang Anda petakan di halaman Worksheet akan tampil di halaman Laporan Keuangan yang masih draft.
    - Namun, Anda hanya akan dapat melihat postingan Journal Entry penutupan ketika Tutup Buku sudah diterbitkan. Journal Entry penutupan yang dimaksud dapat dilihat pada poin no.11 di bawah.

  6. Setelah konfirmasi berhasil, maka proses tutup buku sudah selesai dan Anda akan masuk ke halaman Daftar Kunci Periode & Tutup Buku.
    Modal.png
  7. Untuk melihat Journal Entry dari tutup buku yang Anda lakukan, Anda dapat masuk ke menu Biaya, lalu pilih Journal Entry dari tutup buku yang baru saja dilakukan.

    Untuk mempermudah pencarian, Anda dapat mengetik kata kunci “closing” di kolom pencarian.

  8. Journal Entry penutupan yang terbuat adalah sebagai berikut.
  9. Jurnal Entry yang mencatat hutang pajak akan terbuat terpisah dari Jurnal Entry penutupan yang pertama.
  10. Jurnal Entry ini hanya muncul jika Anda mengisi nominal pajak di halaman Kertas Kerja Neraca Saldo.


    - Anda dapat melacak Jurnal Entry yang otomatis terbentuk dari proses Tutup Buku melalui Memo. Memo ini akan muncul di Laporan dan Halaman Detail Akun.
    - Penambahan Memo otomatis ini mulai tersedia untuk tutup buku yang dilakukan per tanggal 09 Februari 2023.

3. Melanjutkan Proses Tutup Buku

Jika Anda ingin melanjutkan tutup buku yang masih berstatus draft dan belum diselesaikan, Anda dapat melanjutkan proses tutup buku dengan langkah berikut:

  1. Masuk ke menu Daftar Akun.
  2. Klik “Tindakan” lalu pilih "Penutupan Buku".
  3. Anda akan melihat periode tutup buku yang masih draft sebagai berikut.
  4. Pilih dari langkah mana proses tutup buku Anda akan dilanjutkan.

    - Jika Anda melakukan aktivitas lain selama tutup buku masih berstatus draft, Anda disarankan untuk melanjutkan proses dari Cek Rekonsiliasi agar Jurnal dapat melakukan pengecekkan kembali untuk transaksi dalam periode yang mau ditutup.
    - Anda tidak dapat klik ‘Mulai tutup buku’ jika terdapat kunci periode berstatus draft. Berlaku sama, Anda juga tidak klik ‘Mulai kunci periode’ jika terdapat tutup buku yang berstatus draft. Silakan hapus dulu kunci periode dan/atau tutup buku yang berstatus draft.

  5. Klik “Go” untuk melanjutkan.
  6. Kemudian ikuti cara seperti yang dijelaskan pada Memulai Tutup Buku.

Selanjutnya, Anda bisa mempelajari bagaimana cara melakukan pembatalan tutup buku di sini.

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form