Fitur ini memungkinkan Anda untuk mencatat pengeluaran uang selain pembayaran biaya operasional dan pelunasan hutang supplier dari transaksi pembelian, misalnya: pembayaran untuk biaya dibayar dimuka (prepaid expense), pelunasan hutang pinjaman, dan lainnya.
- Anda dapat mencatat pengeluaran biaya operasional melalui menu Biaya.
- Anda dapat mencatat pelunasan hutang supplier melalui menu Pembelian.
Sebagai contoh, Anda membayar biaya sewa kios untuk usaha seharga Rp 24.000.000 untuk penggunaan 1 tahun. Anda dapat mencatat transaksi ini sebagai Biaya Sewa dibayar dimuka melalui Kirim Uang. Lalu, Anda dapat mencatat biaya sewa per bulan senilai Rp2.000.000 (Rp24.000.000 dibagi 12 bulan) pada menu biaya atau jurnal umum setiap bulan.
1. Mencatat Pembayaran Utang Usaha
Berikut langkah-langkahnya:
- Masuk ke menu "Kas & Bank".
-
Kemudian, klik "Buat akun/transaksi", lalu pilih "Kirim uang".
-
Kemudian, isi informasi yang Anda butuhkan.
No Nama Kolom Penjelasan 1 Bayar Dari Pilih akun kas & bank dan/atau kartu kredit untuk mencatat pembayaran uang keluar. Nilai pada akun ini akan tercatat pada kolom kredit di jurnal entry. 2 Penerima Pilih nama kontak atau lawan transaksi yang bertransaksi dengan Anda (opsional).
Anda dapat memilih kontak dengan kategori pelanggan, supplier, karyawan, atau lainnya. Pelajari lebih lanjut terkait tipe kontak di sini.
3 Tanggal Transaksi Isi tanggal terjadinya pengeluaran uang.
Pastikan tanggal transaksi sesuai dengan tanggal pembayaran dilakukan agar sesuai dengan mutasi rekening Anda.
4 No Transaksi Jika Anda tidak mengisi kolom “No Transaksi”, maka sistem akan mengisi sesuai format penomoran otomatis, dimulai dari 10001.
Namun, Anda dapat membuat format penomoran custom sesuai kebutuhan.
Pelajari cara membuat penomoran otomatis custom di sini.
5 Tag Pilih tag untuk mengelompokkan transaksi penerimaan uang sesuai kategori spesifik, misal proyek, departemen, dan lainnya.
Atau, Anda dapat menambahkan tag baru mengetik langsung pada kotak pilihan.
Anda dapat mengelola Tag melalui menu Daftar Lainnya > Kategori Tag.
6 Mata Uang Pilih mata uang yang digunakan dalam transaksi.
Opsi mata uang akan muncul jika Anda mengaktifkan fitur Multi-mata Uang.
7 Harga Termasuk Pajak Aktifkan tombol ini ke kanan jika nominal yang yang diterima sudah termasuk pajak.
Tentang fitur “Harga termasuk pajak”
- Jika Anda ingin tombol “Harga termasuk pajak” secara default aktif di formulir transaksi, Anda dapat mengaktifkan konfigurasi ini melalui menu Pengaturan > centang Termasuk Pajak.
- Jika konfigurasi ini aktif, maka semua transaksi yang dibuat melalui fitur impor akan otomatis tercatat dengan perhitungan termasuk pajak.
- Fitur ini tidak tersedia untuk tipe pajak pemotongan.8 Pembayaran Untuk (Akun) Pilih akun untuk mencatat kategori pembayaran.
Sebagai contoh:
- Jika Anda melunasi cicilan hutang pinjaman bank, Anda dapat mengisi kolom ini dengan akun Hutang Bank.
- Jika Anda memberikan dividen (bukan beban/biaya) kepada pemegang saham, Anda dapat mengisi kolom ini dengan akun Dividen.
Anda dapat klik “Tambah data” untuk menambah baris akun lain yang ingin dicatat dalam 1 transaksi.
Anda dapat mengganti dari “Akun” ke “Pengeluaran” untuk mencatat pembayaran atas Biaya terutang. Pelajari terkait pelunasan biaya terutang di sini.
9 Deskripsi Masukkan deskripsi untuk memberikan keterangan tambahan mengenai penerimaan uang (jika ada). 10 Pajak Pilih pajak yang dikenakan pada transaksi pengiriman uang. Anda dapat melihat informasi pajak yang telah terdaftar melalui menu Daftar Lainnya > Pajak.
11 Jumlah Masukkan jumlah uang yang Anda kirimkan. 12 Memo Masukkan informasi tambahan terkait transaksi pengiriman uang pada kolom memo. Memo akan muncul pada laporan Anda dan digunakan sebagai catatan internal saja (tidak dicetak pada template PDF). 13 Lampiran Anda dapat klik “Pilih file” atau drag langsung file Anda ke halaman untuk melampirkan dokumen pendukung untuk dilampirkan bersamaan dengan catatan penerimaan uang yang Anda buat. Ukuran file yang dapat diupload maksimal 10MB. 14 Masukkan Jumlah Pemotongan Jika nominal uang yang Anda kirim terdapat pemotongan yang mengurangi jumlah yang harus dibayar, Anda dapat mengisi kolom pemotongan.
Anda dapat memilih opsi persentase (%) atau nominal. Kemudian, pilih akun yang menampung nilai pemotongan.
Jika Anda mengisi persentase (%), jumlah pemotongan akan dihitung dari nilai sebelum pajak.
- Jika sudah selesai, Anda akan melihat 2 tombol fungsi di bawah form. Klik “Batal” untuk membatalkan pencatatan biaya. Untuk menyimpan data, klik “Buat Pengiriman”. Atau, Anda dapat klik “Buat & Baru” untuk menyimpan data dan membuka form pembuatan transaksi biaya baru.
-
Maka transaksi kirim uang yang Anda buat akan terlihat seperti ini.
-
Anda juga dapat mencetak bukti pengiriman uang dengan klik "Cetak & Lihat" dan klik "Preview Bukti Kas Keluar".
-
Bukti kirim uang akan terlihat seperti ini, klik ikon "unduh" untuk mengunduh bukti kirim uang dan klik ikon "print" untuk mencetaknya.
2. Menduplikat Transaksi Kirim Uang
Berikut langkah-langkahnya:
-
Pilih menu Daftar Lainnya, lalu klik "Daftar Transaksi".
-
Ketikkan "Bank Withdrawal" pada kolom pencarian.
-
Klik nomor kirim uang. Misalkan "Bank Withdrawal#10004".
-
Scroll ke bawah dan klik "Tindakan" lalu pilih Duplikat Transaksi.
- Anda akan diarahkan ke form kirim uang yang sama, kemudian, klik "Buat Pengiriman".
-
Maka nomor transaksi yang terbentuk akan otomatis menjadi "Bank Withdrawal #10005".
Demikian penjelasan mengenai cara membuat transaksi kirim uang. Berikutnya, Anda dapat pelajari cara membuat transaksi terima uang di sini.